Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran, Nanda Indira Dendi Hadiri Lomba Desa Tingkat Kabupaten

Pesawaran– Liputan Global News.Com : Ketua TP.PKK Kabupaten Pesawaran, Nanda Indira Dendi menghadiri Lomba Desa Tingkat Kabupaten yang berlangsung di Desa Bunut, Kecamatan Way Ratai, Rabu (11/3/2020).

Nanda Indira menyampaikan, ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa bunut yang telah mempersiapkan lomba dengan baik.

“Semoga apa yang telah kita lakukan hari ini dengan ikhlas, akan menjadi amal ibadah di sisi Allah SWT,” ujarnya.

Selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pesawaran, ia mengimbau kepada seluruh warga Desa Bunut Kecamatan Way Ratai, tingkatkan kerjasama dalam kebersamaan menuju keberhasilan dan kesuksesan.

“Saya berharap dengan adanya lomba Desa tingkat Kabupaten ini, dapat memotivasi warga masyarakat khususnya yang ada di Desa Bunut dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada di desa, agar setiap keluarga menjadi berdaya dan sejahtera serta tidak pernah lelah dalam membangun desa,” jelasnya.

Nanda Indira menambahkan, perlu disadari bersama untuk meningkatkan kualitas gerakan PKK, diperlakukan peningkatan kemampuan dalam pengelolaan dengan memanfaatkan sumber daya agar berdaya guna dan mampu melakukan atau mewujudkan SDM masyarakat dalam membangun keinginan.

“PKK di lingkup Dasa Wisma, PKK tingkat Rukun Tetangga, PKK tingkat Rukun Warga dan Tim Penggerak PKK Desa Suka Jaya, merupakan ujung tombak atau garda terdepan dalam memajukan organisasi PKK, mengingat sasaran pembinaan adalah ibu-ibu PKK yang ada di desa, mulai dari Dasa Wisma sampai dengan tingkat desa,” terangnya.

Masih kata dia, Jika PKK dalam lingkup desa dapat merealisasikan program dan kegiatan dengan baik, maka PKK di tingkat atasnya akan ikut baik pula.

“Untuk itu saya mengajak kepada anggota PKK di Desa Bunut, ini untuk lebih bersemangat dalam menjalankan program dan kegiatannya.
Saya juga mohon dukungan dari semua komponen yang tergabung dalam organisasi PKK untuk saling bahu membahu, saling mengingatkan akan tugas dan tanggung jawab kita demi majunya sebuah organisasi PKK,”ucap Nanda Indira Dendi.

Terpisah , dalam sambutan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona yang dibacakan oleh Asisten,1 Bidang Pemerintahan Syukur menyatakan bahwa Lomba Desa ini sangat penting artinya yaitu dalam rangka untuk menilai keberhasilan pembangunan desa yang dilakukan secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan.

Hal tersebut sejalan dengan Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 yang menyebutkan bahwa untuk mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan desa dan kelurahan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat serta daya saing desa dan kelurahan melalui pembangunan Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka diperlukan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

Evaluasi perkembangan desa itu sendiri dimaksudkan untuk : 1) menentukan status tertentu dari capaian hasil perkembangan sebuah desa dan kelurahan serta untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembnagunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat. 2) mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat, daya saing desa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Evaluasi perkembangan desa bertujuan untuk melihat tahapan dan menentukan keberhasilan perkembangan desa alam kurun waktu.

Untuk itu Agar Lomba Desa tersebut dapat benar-benar dipergunakan sebagai media evaluasi desa/kelurahan, maka untuk dapat mengikuti lomba tersebut, desa harus mempunyai perdes tentang RPJM Desa dan Rencana Kerja Desa dan Dokumen Perencanaan Kelurahan serta Profil Desa.

Kepala Desa Bunut Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran(Arifin) dalam sambutan nya mengatakan, selamat datang dan terimakasih pada Nanda Indira Dendi Ketua TP-PKK, Ketua Tim Penilai Juga Rombongan, OPD-OPD yang hadir, Camat Wayratai, Kepala Desa Se-Kecamatan Way Ratai, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan ibu ibu PKK yang kami hormati, seperti diketahui bahwa Desa Bunut Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran ditetapkan sebagai salah satu Desa yang mewakili Kecamatan Way Ratai pada Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tahun 2020, Mudah mudahan Desa Bunut dapat Mengikuti Lomba Desa di Tingkat, Propinsi dan Nasional, seperti harapan kami.

Adapun dasar pelaksanaan Lomba Desa ini adalah mengacu pada peraturan Menteri dalam Negeri Nomor : 13 Tahun 2007 tentang pedoman Penyelenggaraan Perlombaan Desa serta indikator – indikator dan sub indikator Penilaian terlampir.

Tentu saja penunjukkan ini sesuai realita dan fakta dilapangan, dimana dukungan dan peran seluruh komponen masyarakat tanpa terkecuali, sangat lah mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan kegiatan kemasyarakatan, hal ini dapat di buktikan dengan tingginya semangat gotong royong serta tingginya kesadaran masyarakat untuk mempersiapkan diri mengikuti Lomba Desa sebagamana kita saksikan bersama saat ini.

Tentunya dengan modal yang demikian itu kami sangat optimis demikian pula harapan masyarakat Desa Bunut bahwa Desa Bunut dapat masuk nominasi untuk penilaian pada lomba selanjutnya.

“Saya atas nama Kepala Desa Bunut Aripini dan juga mewakili masyarakat Desa Bunut menyampaikan terima kasih dan permohonan maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan selama Ketua Tim dan rombongan hadir di Desa Bunut dan saya pun sangat mengucapkan terimakasih pada aparatur-aparatur Desa juga masyarakat Desa Bunut yang telah bergotong royong dalam mempersiapin Lomba Desa Tingkat Kabupaten ini tanpa kenal lelah “,pungkas nya. (ADV)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan